CERITA RAKYAT DAN FUNGSINYA BAGI MASYARAKAT MANGGARAI: SARANA UNTUK BERKATEKESE




 1.        Pendahuluan
                 Kehadiran tradisi lisan di daerah Flores sangat berperan penting dalam mewarisi kebudayaan. Melalui tradisi lisan suatu kebudayaan dilindungi dan dilestarikan. Adapun bagian dalam tradisi lisan masyarakat yakni cerita rakyat. Cerita rakyat dipandang sebagai salah satu media untuk mengajarkan nilai moral kepada sesama khususnya anak-anak. Cerita rakyat disetiap daerah di Flores tentu memiliki cerita masing-masing yang sarat akan nilai moral. Kehadiran cerita rakyat sangat membantu dalam membentuk karakter seseorang. Penyampaian cerita itu sendiri tentu menggunakan bahasa sehari-hari(bahasa daerah). Hal ini merupakan satu poin unggul dari cerita rakyat, karena pesan moralnya akan lebih cepat diinternalisasi kepada pendengar.
            Keberadaan cerita rakyat di dalam kebudayaan mengalami perkembangan yang positif. Beberapa tahun belakang cerita rakyat telah digunakan sebagai media untuk menjelaskan pesan injil. Dalam kegiatan katekese, cerita rakyat digunakan untuk membuat pesan injil mudah dimengerti. Menyadari pentingnya peranan cerita rakyat, maka menjelaskan relevansi cerita rakyat dengan pesan injil merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu dalam paper singkat ini penulis akan menjelaskan pentingnya cerita rakyat dalam kegiatan katekese.
2.      Pengertian Cerita Rakyat
            Cerita rakyat adalah kisah yang aslinya beredar secara lisan dan kepercayaan masyarakat, seperti mite.[1] Seturut pengertian ini, maka perlu juga dibahas mengenai pengertian sasta lisan, karena cerita rakyat merupakan bagian dari sastra lisan.    
            Sastra lisan merupakan bagian dari kesusastraan yang diungkapkan secara lisan dan diiwariskan turun-temurun dalam suatu masyarakat. Banyak karya satra yang sudah tertulis, namun bila ditinjau secara historis, pada mulanya lebih banyak karya sastra yang bersifat lisan seperti pantun, gurindam, seloka, syair, dongeng, mite, legenda, peribahasa, dan lain-lain.[2]
            Dari pengertian di atas, penulis mengambil garis tengah bahwa cerita rakyat merupakan salah satu tradisi lisan di dalam masyarakat yang diwariskan turun-temurun dan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan suatu kebudayaan. Pengaruh dari cerita rakyat dapat ditemukan dalam inti dari cerita rakyat yang mengandung ajaran moral. Dalam konteks masyarakat Manggarai, cerita rakyat dijadikan sebagai media untuk mengajarkan nilai moral kepada anak-anak.
3.       Cerita Rakyat dalam Kebudayaan Masyarakat Manggarai
Kekayaan kebudayaan di Flores tentu merata di setiap penjuru. Manggarai sebagai salah satu wilayah kepulauan Flores tentu memiliki kekayaan kebudayaan. Kekayaan kebudayaan itu terwujud dalam banyaknya cerita rakyat yang ada di dalam masyarakat. Adapun salah satu cerita rakyat yang terkenal di dalam masyarakat yakni kisah si Pondik.
                                                       Bahasa Manggarai
Neka Leling Laing
Tiong gerak tana to’o hi pondik kengko le enden kudu teneng nda’uk hang gula. Ae gula hitu hia kut ngo sili Borong ba ca karung cengkeh ata poli tihong liha lete ho’o. Bengkes keta nain hi pondik leso hitu hia kole sili mai Borong ba seng do.
Le denge tae kudu ngo ba cengken hi Pondik cenggeloat kole enden to’o kudu teneng nda’uk. Konem po penong loek ki one matan koes kaut. Co’o bo nuk koen ae kudu ngo emi seng do hi Pondik one baba sili borong.
Gerak koen kaut tana lako hi Pondik ga agu teti ca karung cengkeh. Konem ko mendos cengkeh situ landing toe keta gesar calan le Pondik. Hio bo nuk wa nain tamat kole ba seng do to’ong sili mai Borong. Ae bae liha harga cengkeh ca kilo sili Borong Rp. 120 sebu. Eme cempulu kilod ba diha leso hitu nekin ga ba kole seng sili mai bab Rp. 1,2 juta
Toe beheng ngai leso hitu cai sili Borong hi Pondik. Co’o bo tara gelang lakon kudu gelang koe kole ba seng do. Eme poli tibad seng cengkeh situ kudu crnggo koe weli ikang ta’a sili Pasar Borong. “Baba aku ba cengkeh bo cempulu Kilod e. Timbangs kali ga,” tae de Pondik agu baba ata weli cengkeh.
‘Nggo’o ye tombo muing laku. Harga cengkeh leso ho’o toe cama one sua Rp. 120 sebu ca kilo. Leso ho’o pa’u wa ga’as Rp. 87.000 ca kilo. Eme gorid kali ite kudu timbangs ga,” Tae de baba agu pondik.’desep muing dara wekin hi Pondik. Ae toe manga dengen liha neho meseng main te pa’u harga cengkeh situ bo. Cewen kole bengkes nai diha maing one mai beo harga cengkeh situ Rp. 120 sebu ca kilo.
Emon keta wa nukn hitu po ngo kole one baba hi pondik. “Ta baba com timbangs kali ga, taem co’o koley, racek cee ite cengkeh so’o bo ga,” tae de Pondik agu baba agu mendo kin nain.
Poli tiba seng situ toe ngai ngon weli ikang ta’an hi Pondik. Nggeluk kaut lakon kole nang one beon. Toe manga neho olomain, ua agu pa’ang agu ngela sa’i. Leso hitu agu rengut sa’in.
‘Nia ba ikan ta’am bo hau ta nana agu co’o tara rengut terus sa’im. Dion keta olo mai hau eme kole ba cengkeh nenggitu ngela keta sa’im, imus terus agu ba ikang ta’a,” tae de enden Pondik.
“Ae ende com poka taungs dite pu’u cengkeh sio lau uma ga. Toe gunan piara cengkeh dite pande puar bo uma kaling ko teo manga hargad ga.” Nggitu tae de Pondik agu enden.
‘Ooooo ali hitu bo hau tara toe weli ikang ta’am agu rengut terus rangam ko? Nana konem po pa’us harga cengkeh landing toe keta sendo laku ata pokas. Maram tama manga pu’ud. Bom bae ntaung musi harga di’a koles. Neka leling laing nana. Lelo lehau vanili sio. Pisa ntaung olo pa’u da’at hargad. Sanggen taung ata beber taung vanili ali cempeng. Landinh ho’o nana ga woko toe manga vanilii data harga ga nang Rp. 2 juta ca kilo. Goam taung ata ae toe manga vanili ga,” wale de ended Pondik agu ngedu toe jadi poka pu’u cengkeh hi Pondik.
            Bahasa Indonesia
Jangan Putus Asa
Sebentar lagi matahari akan terbit, Pondik membangunkan ibunya untuk memasak nasi untuk makan pagi. Karena pagi itu dia akan ke Borong menjual cengkeh satu karung yang ia kumpulkan selama ini. Harapannya setelah pulang dari Borong ia membawa uang banyak.
Mendengar Pondik akan ke Borong menjual cengkeh ibu Pondik langsung bangun untuk memasak nasi untuk makan pagi, walaupun dimatanya masih penuh kotoran. Dengan penuh harapan Pondik membawa uang banyak dari Borong.
Setelah matahari agak terang, Pondik jalan dan membawa satu karung cengkeh. Walaupun berat tapi dia tidak pernah mengeluh karena dalam hatinya yang penting membawa uang banyak dari Borong. Karena dia tahu harga cengkeh Rp. 120 per kilo. Dia bayangkan kalau 10 kilo berarti dia akan bawa uang Rp. 1,2 juta.
Tidak lama ia berjalan, tibalah di Borong. Dengan harapan cepat pulang bawa uang banyak. Rencananya setelah jual cengkeh ia singgah beli ikan mentah di Pasar Borong. Sampai di tempat jual cengkeh, Pondik langsung menawarkan cengkeh yang dibawahnya. Ia memberitahu baba bahwa cengehnya ada 10 kilo. Ia menyuruh baba untuk menimbang cengkeh itu.
“Begini Pondik, saya beritahu memang, harga cengkeh hari ini tidak sama dengan harga cengkeh kemarin. Harga cengkeh hari ini turun menjadi Rp. 87.000 satu kilo. Kalau mau supaya say timbang” kata baba.
Pondik langsung merasa terpukul, karena ia tidak pernah mendengar selama ini kalau harga cengkeh menurun. Padahal dalam hatinya dari kampung tadi harga cengkeh Rp. 120 per kilo.
Setelah lama berpikir, Pondik lalu pergi ke baba,” biar sudah baba, timbang saja ini cengkeh, mau bagaimana lagi? Cengkeh sudah ada di sini,” kata pondik, walapun dengan berat hati.
Setelah menerima uang ia langsung pulang ke kampung dan tidak jadi membeli ikan mentah. Sesampai di rumah, mukanya merengut terus. Tidak seperti sebelumnya yang selalu ceria.
“Mana ikan mentahnya? Dan kenapa kau punya muka merengut terus? Padahal selama ini kau selalu ceria kalau pulang jual cengkeh dan selalu membawa ikan mentah,” kata ibunya.
“Begini ibu, sebaiknya kita tebang saja pohon cengkeh yang ada di kebun, sebab tidak ada gunanya pelihara cengkeh, hanya bikin rimbun kebun saja, karena tidak ada harga jualnya,” kata Pondik sambil emosi.
“Ooooo itu alasannya kau tidak beli ikan mentah dan muka merengut terus. Pondik biarpun harga cengkeh turun, saya tidak akan setuju jika pohon cengkeh ditebang! Biar pohonnya tetap ada, mungkin tahun depan harganya naik lagi. Jangan putu asa Pondik!, vanili beberapa tahun lalu tidak ada harga jualnya, makanya semua orang membabat vanili karena kecewa dan marah. Coba lihat sekarang, karena tidak ad lagi tanaman vanili maka harganya sangat mahal, Rp. 2 juta per kilo, semua orang menyesal karena tidak ada vanili” Jawab ibunya Pondik. Mendengar jawaban ibunya, Pondik tidak jadi menebang pohon cengkeh.
4.      Pengertian Katekese

Kateketik berasal dari kata Yunani: Katechein. Bentukan dari kata Kat yang berarti pergi atau meluas, dan dari kata Echo yang berarti menggemakan atau menyuarakan keluar. Jadi Katechein berarti menggemakan atau menyuarakan ke luar. Kata ini mengandung dua pengertian. Pertama: Katechein berarti pewartaan yang sedang disampaikan atau diwartakan. Kedua: Katechein berarti ajaran dari para pemimpin[3].
Menurut kamus liturgi, Katekese berasal dari bahasa Yunani: katekein, artinya mengajar. Katekese adalah karya pendidikan agama, terutama untuk calon-calon baptis; atau pelajaran agama untuk menjelaskan pokok-pokok iman dan hidup kristen kepada anak-anak dan umat, untuk memperkenalkan kebenaran iman dan memperdalam hidup menurut iman tersebut[4].
Istilah Katechein yang digunakan oleh umum lama-kelamaan diambil oleh orang Kristen menjadi istilah khusus dalam bidang pewartaan Gereja. Kata Katechein menjadi istilah teknik untuk pelbagai aspek ajaran  Gereja. Secara ilmiah kateketik dimengerti sebagai: pemikiran sistematis dan pedagogis tentang pewartaan Injil, ajaran Tuhan dan ajaran Gereja kepada manusia dalam hidup konkretnya. Sedangkan segala macam usaha penyampaian ajaran, pendidikan agama atau ajaran Gereja disebut katekese[5].



[1] Save M. Dagun, Kamus Besar ilmu Pengetahuan (Jakarta:Lembaga Pengkaji Kebudayaan Nusantara, 2013) Hlm. 1595.
[2] LEMBAGA ENSIKLOPEDIA NASIONAL INDONESIA, Ensiklopedia Nasional Indonesia (Jakarta: PT. Delta Pamungkas, 2004), Hlm. 433.
[3] Jakop Papo, Memahami Katekese (Ende: Nusa Indah, 1987), Hlm. 11.
[4] Ernest Maryanto, Kamus liturgi sederhana (Jakarta: Kanisius, 2004), Hlm. 96.
[5] Jakop Papo, loc. Cit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STFK Ledalero

HUMAN TRAFFICKING di INDONESIA